BERITA TERKINI DAN TERUBDATE

BERITA TERKINI DAN TERUBDATE

Sabtu, 12 September 2015

Kronologo Crane Jatuh Di Mekah

By on 06.38


MAKKAH - Crane yang beratnya berton-ton dan panjangnya ratusan meter itu tiba-tiba menghantam lantai 3 bagian atas Masjidil Haram yang baru dibangun. Crane itu ambruk mengenai bangunan sekitarnya. Yaitu jalur sa’i sebelah timur dan maktab.
”Crane itu terjungkal, bukan jatuh, karena jenisnya cran mobile. Letaknya di antara bangunan Maulud Nabi dengan Bab Salam,” tutur Kadaker Makkah Arsyad Hidayat kemarin malam. Arsyad datang langsung ke lokasi jatuhnya crane tersebut.
Crane tersebut roboh akibat angin kencang dan hujan besar yang terjadi di Makkah sekitar pukul 17.30 waktu Arab Saudi (WAS). Saat itu banyak jamaah yang bersiap melaksanakan salat magrib. Karena hujan, banyak jamaha yang menunggu magrib di pinggir maktab.
Lengan mobile crane menimpa bagian atap bangunan tempat sa'i. Crane merusak lantai 3 bangunan itu. Selanjutnya, satu bagian dari crane terjatuh ke bagian pinggir area  maktab.
Crane terjatuh di pintu yang menghubungkan area maktab dan sa'i. Jika selesai melakukan salat di area lurus Maqam Ibrahim, maka jamaah bisa langsung berbelok ke kanan, kemudian naik untuk mencapai tempat sa'i.
Kronologi Jatuhnya Crane

-Pukul 17.00
Langit gelap. Angin mulai berembus kencang. Hampir setiap sore selama 5 hari belakangan ini cuaca Makkah di sore hari bisa berubah mendadak dari panas ke hujan.

-Pukul 17.10
Embusan angin makin besar. Pintu-pintu bangunan bergerak, sampah-sampah beterbangan. Hujan es mulai turun.

-Pukul 17.15
Mulai terjadi banjir dan banyak pohon tumbang. Air hujan menggenangi jalan-jalan yang letaknya lebih rendah.

-Pukul 17.30
Crane jatuh dan menimpa para jamaah haji. Setelah dikonfirmasi 2 jemaah haji Indonesia turut menjadi korban meninggal karena kejadian ini.

-Pukul 17.45
Hujan angin disertai angin kencang mereda. Proses evakuasi dilakukan. Para korban tragedi crane dievakuasi ke RS terdekat di Jiyad untuk mendapatkan pertolongan pertama. Setelah itu mereka dirujuk ke RS lainnya.

Kondisi Crane
-    Ada di sebelah timur  masjidil haram, segaris dengan makam Ibrahim atau di bab As Salam.
-    Terbesarnya beratnya ribuan ton
-    Panjangnya ratusan meter
-    Mobile crane, tidak tertancap di tanah, tapi dibawa truk.
Dihimpun dari berbagai sumber.



0 komentar:

Posting Komentar